Dorong Milenial Miliki Rumah, Ini Usul DPR Ke Pemerintah

Hal tersebut disampaikan Anggota Komisi XI DPR RI Puteri Anetta Komaruddin untuk merespons pernyataan Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani yang menyebut bahwa generasi milenial akan semakin sulit untuk memiliki hunian atau rumah. “Persoalan ketersediaan rumah terjangkau memang menjadi masalah krusial yang kini dihadapi generasi milenial seperti saya. Tak hanya itu, Puteri juga mengimbau pemerintah untuk berhati-hati terhadap rencana pengembangan sekuritisasi terhadap cicilan KPR atau lebih dikenal Mortgage-Backed Securities (MBS). MBS adalah perusahaan pembiayaan sekunder perumahan yang dibentuk untuk membeli suatu KPR dari bank kreditur, yang kemudian tagihan ini dikemas dalam suatu efek utang yang kemudian dijual kepada investor, misalnya perusahaan asuransi, dana pensiun, atau investor perorangan. Di beberapa negara, MBS tersebut dapat menjadi salah satu alternatif pembiayaan, yaitu dengan tersedianya pasar pendanaan KPR untuk menjadi sumber pendanaan jangka menengah dan panjang secara konsisten. “Kita harus ambil pelajaran dari pengalaman krisis global 2008. Karena itu rencana ini perlu diperhitungkan dengan matang disertai manajemen risiko yang baik dan transparan,” ujar Puteri. Selain itu, Puteri juga mendorong otoritas lain seperti Bank Indonesia untuk menjaga stabilitas suku bunga acuan dan menurunkan risiko dari Aset Tertimbang Menurut Risiko (ATMR) sektor properti. “Hingga melonggarkan loan to value atau uang muka kredit rumah,” tuturnya. Sebelumnya, Menkeu Sri Mulyani mengungkap bahwa generasi milenial akan semakin sulit untuk memiliki hunian atau rumah. Menurutnya, hal ini karena suku bunga di sejumlah negara mulai mengalami kenaikan. Bahkan kenaikannya sudah mendekati angka inflasi, sehingga dinilai cukup mengkhawatirkan. Kenaikan suku bunga ini dimungkinkan juga akan mempengaruhi suku bunga sektor perumahan, seperti bunga KPR. Kondisi tersebut akan membuat kaum milenial berpikir ulang untuk membeli hunian.

Isometric rumah design flat illustrationKelebihannya, tanah bisa dimaksimalkan keuntungannya menjadi bentuk lainnya misalnya disewakan menjadi kebun atau tempat parkir. Sambil menunggu harga sudah naik di masa depan, kamu tak khawatir akan kerusakan dan penyusutan.Jika sudah bertahun-tahun kamu bisa menjualnya. Bagaimana? Sangat menggiurkan, bukan? Jika kamu memiliki dana cukup besar, maka vila bisa menjadi pilihan aset untuk investasi properti. Tak hanya itu, vila juga bisa digunakan sebagai agunan atau jaminan. Dengan naiknya tren “healing” dan “staycation” maka vila di lokasi yang tenang, sejuk, dan menawarkan pemandangan indah menjadi celah bisnis yang tak main-main. Namun perlu diperhatikan, biaya perawatan vila memang bisa dibilang tak sedikit. Walau efek pandemi membuat banyak kantor mulai terpikir untuk membuat virtual office, namun justru ada celah di mana karyawan butuh tempat nyaman buat bekerja selain di rumah. Ya, co-working space. Tempat kerja, hangout, meeting, dan diskusi dengan desain kece, jaringan internet ngebut, dan kopi enak banyak dibutuhkan belakangan ini. Hal ini jadi peluang besar.

Keunggulan lainnya, Cluster Eureka at Nevada Downtown menawarkan green concept dengan fasilitas taman hijau untuk lingkungan nyaman dan asri. Salah satu rekomendasi perumahan di Bandung ini juga dikelilingi berbagai fasilitas publik seperti Transmart, Rumah Sakit Cimareme, Sekolah Al-Azhar dan sebagainya. Selain itu, Cluster Eureka at Nevada Downtown juga dekat ke Gerbang Tol Padalarang. Jika mencari rumah dijual Bandung murah namun memiliki desain modern, Muhasabah Land Cluster Alsagriya dapat dijadikan pilihan. Dikembangkan oleh Muhasabah Land, perumahan dijual di Ngamprah ini menawarkan harga mulai Rp324 juta. Mengusung konsep hunian berbasis syariah Islam dengan fasilitas internal seperti rumah tahfidz dan masjid, termasuk ruang terbuka hijau dan gate system, Muhasabah Land Cluster Alsagriya juga dikelilingi fasilitas publik, seperti Borma Cimahi, RS IMC, Stasiun Padalarang. Bahkan, perumahan ini memiliki akses yang strategis ke pintu Tol Padalarang yang bisa dijangkau hanya dalam 10 menit. Siapa yang tak kenal Summarecon? Ya, developer kenamaan Indonesia ini mengembangkan perumahan di Bandung dengan pilihan cluster yang beragam. Summarecon Bandung sendiri diwujudkan dengan konsep pembangunan kota mandiri pertama di Bandung dan jadi salah satu rekomendasi perumahan di Bandung yang patut Anda pertimbangkan.

Mount Bromo, IndonesiaDengan adanya pembangunan infrastruktur yang massif akan mendorong Bandung bertransformasi sebagai the next megapolitan city. Perkembangan kota juga akan mengarah ke Bandung Selatan dan Podomoro Park akan menjadi kawasan emas sebagai pusat bisnis, investasi, dan pertumbuhan properti (sunrise property). Area Komersial (Dok. Podomoro Park Bandung) Selain dapat menikmati manfaat energi baik dari alam, Anda juga dapat menerapkan gaya hidup aktif dan sehat dengan berjalan kaki sambil menelusuri area jogging track yang berada tepat di tepi danau. Anda pun bisa mengunjungi seluruh fasilitas dengan bike sharing dan otoped listrik yang disediakan oleh layanan GOWES pada jalur bike lane. Dengan menggunakan kendaraan ramah lingkungan tersebut, selain mengurangi emisi gas kendaraan juga menyehatkan Anda dengan beraktivitas fisik. Keistimewaan lain yang bisa dinikmati adalah fasilitas prestisius yang mengikuti selera gaya hidup urban saat ini pada area commercial district seluas 12 hektare. Living Plaza bersama tenant-tenant ternama, seperti Informa, Ace Hardware, Toys Kingdom, Chatime, dan sejumlah brand terkemuka lainnya akan menjadi destinasi hangout favorit yang kekinian.